Pelanggan merupakan aset paling penting dalam sebuah bisnis. Menciptakan loyalitas pelanggan agar ingin kembali dan membeli produk yang kita jual jauh lebih sulit dari pada mencari pelanggan baru. Pelanggan loyal bukan hanya membantu meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang, tapi mereka juga berperan untuk menekan biaya promosi pada suatu bisnis.
Hal terpenting untuk mempertahankan pelanggan loyal terhadap bisnis yaitu Anda harus membuat produk dengan kualitas baik dan selalu melakukan inovasi untuk pengembangan produk tersebut. Selain itu, pelanggan loyal juga sering memberikan masukan yang bermanfaat mengenai baik atau buruk produk yang Anda tawarkan, karena mereka ingin merek atau produk favorit mereka untuk berkembang.
Berikut yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada bisnis Anda.
Kemudahan proses transaksi
Buatlah sistem transaksi semudah mungkin dan sesederhana mungkin agar pelanggan merasa nyaman saat berbelanja.
Sediakan berbagai alat pembayaran yang bisa diterima, dan buatlah loket pembayaran dalam jumlah yang cukup agar pembeli tidak perlu mengantri lama.
Dengan adanya kemudahan bertransaksi, konsumen akan merasa nyaman berbelanja di toko maupun bisnis Anda sehingga mereka akan datang kembali untuk melakukan pembelian di lain waktu.
Beri Reward atau Diskon
Beri pelanggan Anda alasan untuk kembali. Tawarkan mereka insentif seperti menerapkan poin untuk pembelian, lalu poin tersebut dapat ditukar dengan barang tertentu, menawarkan kupon, dan masih banyak lagi.
Pelanggan yang loyal Anda adalah kunci tingkat retensi Anda, dan Anda perlu kreatif dalam hal memberi penghargaan kepada pelanggan setia Anda. Dengan menemukan cara terbaik untuk memberi reward kepada pelanggan, maka akan membuat mereka lari ke kompetitor Anda.
Follow Up Setelah Penjualan
Setelah Anda melakukan penjualan pada seorang konsumen, jangan berhenti berhubungan dengan orang tersebut. Anda tetap harus berkomunikasi dengan konsumen dan menanyakan bagaimana dengan produk yang ia beli, Apakah cocok dengannya atau tidak, adakah kritik untuk menciptakan produk baru yang lebih baik lagi.
Jika produk yang Anda jual merupakan barang habis pakai, Anda juga bisa menanyakan apakah produk sudah habis atau hampir habis.
Perkirakan seberapa lama produk bisa bertahan kemudian tanyakan kapan akan melakukan order berikutnya.
Dengan cara ini loyalitas dan kepuasan pelanggan akan tetap terjaga dan Anda tidak akan kehilangan konsumen.
Membangun kepercayaan
Bukti sosial dapat membantu Anda membangun kepercayaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Di era yang serba digital ini, kita dapat melihat apa yang dilakukan orang setiap saat. Sulit untuk tidak menggunakan media sosial.
Karena munculnya media sosial, bukti sosial lebih penting daripada sebelumnya. Pelanggan Anda suka melihat bagaimana tanggapan atau ulasan orang-orang tentang perusahaan Anda, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan Anda.
Hal tersebut akan membuat mereka merasa nyaman ketika Anda sebagai bisnis memiliki pengalaman positif dari pelanggan lainnya.
Berikan Pelayanan yang Jauh Melebihi Ekspektasi Pelanggan
Cara meningkatkan loyalitas pelanggan selanjutnya adalah beri pelayanan lebih. Di mana membuat pelanggan merasa pelayanan Anda melebihi ekspektasi yang mereka harapkan. Dan selalu lakukan apa yang Anda katakan.
Misalnya, jika Anda melakukan eskalasi atas komplain pelanggan dengan durasi 1×24 jam, usahakan agar selesai sebelum waktu yang ditentukan. Ingin terlihat jauh melebihi eksepktasi? Selesaikan dalam kurun dua jam.
Membuat acara khusus untuk pelanggan
Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat pelanggan loyal adalah dengan membuat forum atau acara khusus bagi pelanggan.
Anda bisa mulai dengan forum secara digital, bisa melalui website, social media, dan media lainnya.
Anda juga bisa beberapa kali dalam satu tahun mengadakan customer gathering, yaitu mengundang mereka ke suatu acara.
Memberikan inovasi produk
Sebuah produk yang melakukan inovasi akan dengan sendirinya membangun loyalitas konsumen. Kebutuhan konsumen akan selalu berubah dan ingin mendapatkan lebih sehingga perusahaan harus melakukan inovasi terhadap produk.
Inovasi yang dapat dilakukan dengan mengganti kemasan produk yang baru, jasa layanan dan cara pengiriman barang. Sehingga seorang pebisnis harus melakukan inovasi produk dan jasa mereka di era internet saat ini.