Skip links

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Bagi Pemula Agar Cuan Terus

Saat ini sudah banyak sekali pebisnis mudah yang berasal dari kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis sendiri daripada menjadi karyawan, apalagi anak muda sekarang lebih mudah cepat bosan dalam bekerja.

Namun tidak bisa dipungkiri, dibalik banyaknya bisnis yang bermunculan, maka persaingan pun akan semakin ketat. Bahkan tidak sedikit bisnis yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak bisa bersaing lagi. Dalam membangun bisnis banyak sekali tantangan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses.

Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang tepat agar bisa sukses, berikut 7 tips sukses memulai bisnis bagi pemula.

7 Tips Sukses Memulai Usaha Bagi Pemula

1. Tentukan Usaha Berdasarkan Passion

Memang peluang usaha yang bisa menghasilkan laba sangat penting namun sebaiknya Anda tidak asal ikut-ikutan saja. Pasalnya, usaha yang populer secara instan tidak akan bisa berkembang lebih lanjut kalau pemilik usaha tidak mampu melakukan inovasi. Jadi, sebaiknya Anda memilih usaha berdasarkan hal yang paling disukai untuk meminimalisir risiko.

2. Jangan Mudah Terdistraksi

Peluang bisnis saat ini memiliki berbagai macam bidang yang luas dan banyak. Tidak jarang, hal ini menjadi distraksi bagi para pebisnis karena mudah tergiur untuk mencoba bisnis di bidang lainnya yang terlihat menguntungkan.

Biasanya distraksi tersebut lebih sering menghampiri para pebisnis pemula karena mereka merasa bahwa bisnis yang dijalankan tidak sesukses dengan bisnis orang lain. Hal ini tentu saja salah karena setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cukup fokus dengan 1 bidang bisnis yang memang kamu kuasai dan jalankan bisnis tersebut secara konsisten.

3. Melakukan Riset Pasar

Untuk mulai melakukan riset pasar, kamu bisa mulai dengan mempelajari apa-apa saja yang dibutuhkan oleh calon konsumen kamu. Misalnya, jika kamu membuka usaha kuliner, cari tahu makanan atau menu apa saja yang dicari oleh pelangganmu.

Jika memungkinkan, cari tahu juga budget yang umumnya mereka keluarkan untuk produk serupa. Informasi ini tentunya akan sangat membantu ketika kamu harus menentukan harga jual produk.

Pastikan kamu melakukan proses riset pasar ini secara detil. Karena, hasil riset ini nantinya akan menjadi fondasi bagi bisnis kamu ke depannya. Kamu tentunya tidak inginkan hasil kerja keras kamu tidak membuahkan hasil karena tidak memahami keadaan pasar?

4. Mempelajari Kompetitor

Selain memperhatikan konsumen, kamu juga harus memperhatikan kompetitor kamu. Dalam proses kamu belajar bisnis, kompetitor adalah sumber pengetahuan yang sangat berharga.

Ada beberapa hal penting yang bisa kamu pelajari dari kompetitor. Hal utama tentu adalah produk-produk mereka.

Misalnya, jika kamu memutuskan untuk membuka usaha pakaian, kamu bisa mempelajari produk-produk apa yang mereka jual. Hasil ini nantinya dapat kamu gunakan untuk menentukan produk apa yang akan kamu jual; apakah kamu akan coba bersaing secara langsung atau memilih untuk menjual jenis produk yang berbeda.

Selain produk, kamu juga perlu memperhatikan harga dari produk kompetitor. Informasi ini nantinya akan dapat kamu gunakan sebagai tolok ukur harga produk kamu. Dari sana, kamu bisa menerapkan berbagai strategi.

Misalnya, kamu bisa mulai menerapkan harga yang lebih murah untuk menarik banyak pelanggan terlebih dahulu atau langsung menjual produk dengan harga yang sama.

5. Tentukan Target Pasar

Setelah mengumpulkan berbagai informasi baik tentang pasar dan kompetitor, sekarang satnya kamu menentukan target pasar. Dari sekian banyak jenis pelanggan di daerah kamu, temukan mana yang ingin kamu target secara spesifik.

Menargetkan satu segmen konsumen secara umum dapat membantu kamu fokus untuk memulai dan membangun bisnis. Hal ini tentunya akan sangat membantu jika kamu tidak memiliki modal yang terlalu banyak. Karena dengan fokus pada satu pangsa pasar, kamu akan fokus pada satu tujuan dan memfokuskan sumber daya yang kamu punya lebih mudah.

6. Membuat Strategi Pemasaran

Di tengah persaingan dunia bisnis yang makin ketat ini, salah satu cara kamu bertahan sebagai seorang pebisnis pemula adalah dengan melakukan pemasaran yang efektif.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk memasarkan produk, salah satunya adalah melalui media online. Kamu bisa menggunakan platform sosial media, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dll untuk memasarkan produkmu.

Platform sosial media memang dikenal sebagai salah satu media pemasaran yang efektif. Mereka memiliki banyak pengguna harian serta fitur iklan mereka yang tertarget dapat membantu kamu menjangkau banyak orang dengan mudah dan cepat.

7. Terus Melakukan Inovasi

Setelah kamu berhasil membangun fondasi bisnis, sekarang saatnya kamu memulai dan mengembangkan bisnis.

Seiring perjalanan, kamu akan menemukan bahwa bisnis kamu harus tumbuh dan berkembang. Untuk melakukan hal ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan inovasi bisnis.

This website uses cookies to improve your web experience.