Skip links

Lakukan Cara Ini Agar Bisnis Kamu Selalu Ramai

Lakukan Cara Ini Agar Bisnis Kamu Selalu Ramai

Menjalankan bisnis memang akan selalu penuh dengan tantangan. Tidak peduli sudah berapa lama usia bisnis Anda, membuat konsumen datang dan melakukan pembelian tentu akan selalu menjadi pekerjaan penting yang harus diupayakan dengan sebaik mungkin. Hal ini tentu tidak selalu mudah, mengingat persaingan bisnis dan berbagai faktor lainnya akan selalu mempengaruhi perkembangan bisnis itu sendiri. Pastikan bisnis tidak pernah sepi konsumen, agar angka penjualan bisa didapatkan dengan maksimal.

Jika menjalankan bisnis Anda wajib mempelajari teknik pemasaran yang tepat sejak awal. Saat menguasai semua ini, Anda akan lebih mudah untuk mengupayakan semua langkah terbaik yang bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung di situs bisnis. Hal ini sangat penting dan akan memungkinkan Anda mendapatkan pasar yang lebih luas untuk bisnis tersebut.

Semua pebisnis pasti ingin bisnisnya mengalami peningkatan dan dapat berkembang pesat. Namun yang namanya bisnis pasti ada saat pasang dan ada saatnya surut. Ketika usaha Anda sedang berada dalam kondisi surut, Anda pasti terus mencari strategi apa yang tepat untuk mengatasinya. Dalam mencari strategi, Anda terlebih dahulu perlu mencari apa penyebabnya. Apakah karena kualitas Anda menurun, pelayanan yang buruk, harga produk yang tidak konsisten, atau justru karena kurang promosi.

Berikut adalah beberpa tips agar bisnis mu yang sepi menjadi ramai kembali;

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Secara umum, sebanyak 80% usaha pinggir jalan bisa menjadi sukses karena lokasinya strategis. Sebelum menetapkan pilihan pada lokasi yang sudah disurvei, perhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Mudah dilihat oleh orang-orang yang melintas.
  • Aksesnya lebih mudah disertai tempat parkir yang tidak memakan jalan.
  • Perizinan yang kooperatif dengan pihak pemilik maupun tetangga di sekitar.
  • Lokasi banyak dilewati oleh masyarakat, tetapi dengan persaingan bisnis kuliner pinggir jalan yang sedikit. Contohnya, lalu lintas yang tidak ada tempat makan sepanjang 10 kilometer jalan.
  • Tentukan wilayah berjualan yang memang sesuai dengan target konsumen kamu. Selain bermanfaat untuk menepatkan sasaran pelanggan, hal ini dapat membantu mendukung perancangan desainnya.
  • Hindari pembangunan usaha kuliner pinggir jalan di dekat pembuangan limbah atau sampah.

2. Lakukan Promosi

Promosi adalah hal paling penting untuk mengenalkan jualan kamu ke orang-orang. Jika usaha pinggir jalan baru saja buka dan kamu tergolong masih pemula, lakukan beberapa tips berikut:

  • Gunakan strategi diskon dan promo.
  • Pasang iklan di media sosial, sesuaikan dengan budget dan hal-hal yang harus diperhatikan.
  • Menarik pelanggan dengan diskon atau penawaran spesial di hari besar.
  • Menjadi sponsor event bila kuliner pinggir jalan kamu sudah punya nama cukup besar.
  • Giveaway untuk pelanggan, misalnya makan gratis dengan syarat tertentu.
  • Bergabung dengan komunitas pebisnis kuliner pinggir jalan untuk menambah

3. Memberikan Pelayanan yang Baik

Bagaimana kamu ingin melayani pelanggan yang tiba? Secara mandiri atau menggunakan jasa karyawan? Pastikan keduanya tetap mengupayakan pelayanan terbaik yang mampu memuaskan pelangganmu. Tata krama dan kesopanan dalam menyambut pelanggan adalah impresi penting yang harus diperhatikan. Pelayanan yang baik ternyata terbukti mampu menjadikan konsumen sebagai pelanggan setia. Pastikan kamu mampu memberikan keramahan dan wajah yang cerah, agar pelanggan merasa nyaman saat berkomunikasi.

4. Beri Diskon dan Harga Promo Disetiap Bulannya

Siapa sih yang tidak tergiur oleh diskon dan harga promo? Tips atasi usaha sepi biar ramai pelanggan lagi ini bisa Anda coba untuk menarik pelanggan baru datang ke toko. Pelanggan selalu mencari nilai dan penawaran terbaik. Anda bisa memikat mereka dengan penawaran diskon perkenalan atau promo spesial, misalnya beli 2 dapat 1. Cara demikian cukup efektif untuk memperkenalkan usaha Anda pada pelanggan baru. Anggap saja ini sebagai upaya mengubah kebiasaan belanja mereka untuk beralih ke usaha Anda.Setelah itu, pelajari dan telusuri penawaran mana yang mereka ambil. Trik tersebut bagus untuk menilai seberapa efektif program diskon dan harga promo, sekaligus mempersiapkan strategi pemasaran lain di masa mendatang.

5. Berinovasi dalam Segala Aspek Pelayanan

Mengikuti tren itu perlu lho. Amati apa yang pelanggan sukai dan apa yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi keinginan mereka. Langkah ini menjaga usaha Anda selalu bergerak dinamis karena menjawab kebutuhan pasar. Maka, mengikuti perkembangan teknologi jadi suatu kewajiban pelaku usaha masa kini. Ya, teknologi ada untuk membantu usaha Anda lebih berkembang dan bisa bertahan di tengah kompetisi ketat. Berkat kecanggihan teknologi pula, semakin banyak orang merasakan mudahnya sistem pembayaran nontunai.

Berdasarkan studi Visa Consumer Payment Attitudes, pandemi mengubah cara orang Indonesia berbelanja. Sekitar 6 dari 10 orang Indonesia jarang membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Bahkan, 63% konsumen Indonesia nyaris tidak pernah membayar belanjaan mereka dengan uang tunai.

6. Fasilitas Lengkap untuk Pengunjung Restoran

Anda pasti akan merasa senang dan betah saat berkunjung ke restoran dengan fasilitas yang lengkap, kan? Nah, itu pula yang akan dirasakan pengunjung lain. Itulah sebabnya, Anda sebagai pemilik restoran juga harus memastikan tersedianya fasilitas lengkap bagi pengunjung.

Hal ini karena kebiasaan masyarakat modern sudah berubah. Mereka ke restoran tak hanya mencari makanan atau minuman lho, tetapi juga untuk hangout, kumpul dan ngobrol bersama relasi, teman, atau keluarga, bahkan ada juga yang sekalian kerja. Beberapa fasilitas yang perlu ada di restoran, antara lain ruang meeting atau private room, toilet yang bersih, WiFi gratis, mini karaoke, area bermain untuk anak-anak, pendingin ruangan, dan lainnya. Jangan lupa atur desain ruangan agar bisa membuat nyaman pengunjung.

This website uses cookies to improve your web experience.